Hari ini saya ingin sedikit mengulas tentang tips memilih template blog. Mungkin sudah banyak yang mengulas masalah ini sebelumnya, tapi gak apa-apalah saling berbagi terutama buat newbie seperti saya karena menurut saya memilih template merupakan masalah yang sangat penting dan mendasar dalam menunjang masa depan sebuah blog ataupun website. Di internet banyak sekali template-template gratisan yang disediakan mulai dari template yang standar hingga template yang profesional. Karena saya kurang pandai merangkai kata maka itu sajalah basa-basinya, gak panjang-panjang lagi, berikut tipsnya :

1. Template 3 atau 4 kolom

Untuk kenyamanan anda mengeksplorasi blog seperti memasang widget, iklan atau pernak-pernik lain ada baiknya anda memilih template yang menyediakan 3 atau 4 kolom. Sifat dasar manusia adalah cepat merasa bosan, maka ini adalah solusi yang bagus agar suatu saat ketika anda merasa bosan dengan tampilan blog anda bisa sewaktu-waktu mengatur ulang layout sesuai keinginan anda agar menjadi lebih optimal dan segar kembali.

2. Posisi postingan artikel

Seperti apapun tema blog anda, usahakan agar letak postingan artikel berada di sebelah kiri. Menurut beberapa pakar SEO yang pernah saya baca, mesin pencari dalam menelusuri sebuah halaman blog cenderung memulai pencarian dari kiri ke kanan. Maka jika postingan artikel anda berada di sebelah paling kiri, akan lebih memudahkan mesin pencari menelusuri artikel utama anda. Begitu pula untuk pengunjung, biasanya begitu masuk ke sebuah website atau blog maka mata pengunjung akan langsung terfokus ke kolom sebelah kiri, nah jika di kolom sebelah kiri artikel anda misalnya ada widget lain seperti banner dll dan pengunjung langsung mengklik maka tentu saja artikel utama anda akan terabaikan begitu saja.

3. Kompatibel dengan semua browser

Tidak semua template bisa kompatibel atau friendly dengan semua browser yang ada. Ada template blog yang cukup bagus, sempurna tampilannya jika dibuka dengan browser Firefox misalnya, tapi tidak cukup bagus atau malah morat-marit tampilannya jika dibuka pakai browser Opera. Nah, dengan memilih dan menguji template yang friendly terhadap semua browser, minimal paling tidak dengan 3 besar browser seperti Firefox, Opera dan Internet Explorer, maka blog anda akan selalu tetap tampil cantik apapun browser yang dipakai para pengunjung blog anda.

4. Pilih template yang ringan dan sederhana

Hal ini adalah salah satu kekuatan sebuah website atau blog. Banyak template yang tampilannya sempurna lengkap dengan widget yang unik, apalagi kalau templatenya menggunakan banyak file image yang tentu saja memerlukan waktu yang lama untuk meload dari tempat hostingnya masing-masing. Kalau pengunjungnya menggunakan koneksi internet yang cepat mungkin bukan masalah, tapi jika pengunjungnya menggunakan koneksi internet yang lemot? Mungkin setelah kunjungan pertama, mereka tak akan nongol-nongol lagi karena merasa blog atau website anda akan menyita waktu mereka yang tujuan utamanya tentu saja adalah membaca artikel anda yang ditemukan oleh mesin pencari, bukan untuk melihat tampilan blog atau tampilan website anda yang dipenuhi dengan pernak-pernik yang tidak terlalu penting bagi mereka. Mungkin contohnya seperti template blog ini, heheeee…..

5. Mewakili tema blog

Banyak sekali template gratisan yang disediakan di internet dengan berbagai tema seperti tema Muslim, Musik, Photography dll. Tetapi banyak pula template universal yang bisa mewakili tema apa saja. Jadi pilihlah template yang temanya sesuai dengan blog atau website anda atau jika anda tidak menemukan tema template yang pas bisa juga anda gunakan template universal seperti template yang saya pakai ini, heheee….

Mungkin itu saja tips memilih template dari saya, sekedar informasi dari semua tips di atas ,itulah yang saya terapkan dalam template yang saya gunakan ini, wkwkwkwk narsis dot com. Mudah-mudahan dengan tips ini blog saya dan blog sobat-sobat semua bisa tetap eksis dan tetap majuuuuuuuuu……
Wassalam

0 komentar

Posting Komentar

Berikan komentar anda tentang artikel di atas, komentar yang tidak sopan/spam tidak akan dipublikasikan :

.

http://Link-exchange.comxa.com literatur islam, info software dan hardware, tips blogger, syiah sesat, sejarah islam nusantara Kostenlose Backlinks bei http://www.backlink-clever.de

Subscribe here