Berhubung saya masih awam dalam hal SEO dan masih baru di dunia blog diiringi keinginan kuat untuk berbagi sesama blogger baru, akhirnya saya putuskan untuk menulis tips ngawur yang sama sekali tidak ilmiah ini. Tidak ilmiah bukan berarti tidak pantas dicoba, karena tips inilah yang saya pakai hingga akhirnya beberapa hari yang lalu tepatnya awal bulan Juni 2010 blog Ladewa’s Library mendapatkan Google Page Rank 1, sekedar info kalau blog Ladewa’s Library ini adalah blog pertama saya dan baru nongol di bulan Januari 2010 ini.  Sebenarnya saya ingin menulis tentang “Tips atau Cara Agar Cepat Mendapatkan Google Page Rank” tapi mungkin masalah ini lebih pantas ditulis oleh ahli atau master SEO yang blognya sudah berpagerank 3 atau 4 ke atas. Nanti kalau saya posting para master tadi mencibir “siapa sih lho, baru page rank 1 aja udah belagu!” heheee… bercanda senior.

Agar tidak kepanjangan kita langsung saja ke Tips Ngawur Agar Cepat Mendapatkan Google Page Rank

1. Daftar ke Search Engine
Tips yang satu ini ilmiah dan mutlak, tidak boleh tidak. Ini adalah langkah awal setelah blog kita sudah siap, buatlah beberapa tulisan kemudian daftarkan ke Google, Yahoo dan MSN. Ketiga search engine ini adalah yang paling penting karena paling banyak digunakan user untuk mencari sesuatu di internet. Caranya? Maaf, karena saya tidak bisa menjelaskan detailnya. Yang saya ingat sih kalau di google bisa daftar di www.google.com/addurl/ atau di google webmaster tools, yang lainnya cari sendiri aja ya…

2. Content / isi blog
Tips yang ini ada yang ilmiah dan ada yang tidak. Yang ilmiahnya dulu ya!. Tulislah sesuatu di blog yang sesuai dengan tema di blog anda, misalnya tema blognya tentang agama seperti di blog saya ini ya perbanyak artikel tentang agama. Kalau tema blog anda misalnya tentang musik, ya tulis tentang musik dan segala pernak-perniknya, ada juga yang blognya tentang kehidupan pribadi seperti blognya Raditya Dika dan Asal Eksis. Biasanya para master SEO menekankan untuk membuat artikel yang berkualitas dan tulisan sendiri agar tidak terdeteksi oleh crawler sebagai blog yang isinya cuma copy paste doang. Wets, apa pula itu crawler?, menurut faham saya crawler itu adalah robot yang ditugaskan oleh mesin pencari macam Google, Yahoo dan sebagainya untuk menjelajah ke site-site yang sudah terindeks dan memeriksa isi dari blog kita (kalau salah maaf ya!). Tapi bagi saya kualitas itu nomor dua, yang penting buatlah tulisan sebanyak mungkin yang anda bisa, idealnya sih dua atau tiga postingan tiap minggu atau jangan kurang dari sepuluh tulisan setiap bulannya. Intinya makin banyak isi dari sebuah blog maka peluang untuk mendapatkan pengunjung/traffic makin besar. Sekarang saya mau bahas tips yang tidak ilmiahnya, seperti isi di blog saya ini yang isinya sebagian besar membahas masalah agama 90 persennya adalah hasil jiplakan, artinya hasil tulisan sendiri hanya 10 persen, jadi kalau ada 10 artikel hanya 1 hasil pikiran saya berarti blog saya memang pantasnya hanya mendapatkan pagerank 1/10. Mungkin kedepannya saya bisa membuat tulisan sendiri 2 atau 3 dari sepuluh tulisan, jadi bisa mendapatkan pagerank 2/10 atau 3/10, inilah yang saya sebut teori ngawur mendapatkan pagerank namun masuk akal juga kan?. Bayangkan misalnya kalau blog anda berisi tulisan yang seluruhnya hasil tulisan sendiri tanpa hasil jiplakan, bisa saja blog anda mendapatkan pagerank 10/10 (tapi belum ada tuh di Indonesia gak tau di negara lain, mungkin paling tinggi PR 6). Menjiplak yang saya maksud disini tidak asal COPY-PASTE melainkan COPY-MODIF-PASTE, maksudnya kalau mengkopi hasil tulisan orang sebaiknya tidak dijiplak mentah-mentah tapi sebisa mungkin gaya atau cara penulisannya diubah terutama paragraf-paragraf awal, karena kata para master ini akan mempengaruhi posisi blog kita di mata search engine.

3. Keyword/Kata Kunci
Kata kunci atau keyword adalah salah satu faktor penentu agar tulisan anda berada di halaman pertama Google (atau mesin pencari lainnya) saat seseorang mencari sesuatu di internet. Kenapa harus di halaman pertama? Karena jika berada di halaman pertama maka peluang untuk mendapatkan pengunjung sangat besar. Pengalaman saya jika mencari sesuatu di internet, apabila dihalaman pertama tidak ketemu maka saya lebih memilih mengetik kata kunci yang lain dibanding membuka halaman kedua, ketiga dan seterusnya karena semakin jauh halamannya semakin tidak relevan pula dengan apa yang kita cari. Mengapa pula mendapatkan pengunjung itu penting? Ya buat apa juga kita ngeblog kalau tidak mengharapkan pengunjung, buat apa kita capek-capek menulis atau menjiplak kalau pengunjung itu tidak penting. Pengunjung/traffic blog kita adalah tolak ukur mesin pencari dalam menilai penting tidaknya blog kita dalam database mereka. Seperti misalnya tulisan “Tips Ngawur Agar Cepat Mendapatkan Google Page Rank” ini, kata kunci yang saya incar adalah “Tips Mendapatkan Google Page Rank” atau “Tips Cepat Mendapatkan Page Rank” dan lain-lain. Tapi karena blog saya masih berpagerank 1 sepertinya dengan kata kunci itu akan sulit tampil di halaman pertama karena keyword itu sudah terlalu banyak ditulis oleh master-master SEO, jadi palingan tulisan ini akan muncul di halaman pertama Google jika user mengetik “Tips Ngawur” atau “Tips Ngawur Mendapatkan Pagerank” dan lain-lain, tapi ada gak ya orang yang mencari artikel dengan kata kunci itu, heheee.... (wong namanya juga tulisan ngawur!?!?) blog, blog saya jadi mau-mau saya lah! :P

Dari uraian panjang lebar di atas sebenarnya saya cuma mau bilang bahwa kunci untuk cepat mendapatkan Google Page Rank adalah BANYAKNYA ARTIKEL dan KATA KUNCI YANG TEPAT, syaratnya ya tentu saja harus sudah terindeks di google seperti poin satu di atas, cuma itu saja sih menurut saya, adapun yang lain-lain seperti mensubmit artikel ke infogue atau lintas berita, atau mendaftarkan blog ke tecnorati, digg, blog catalog dan lain-lain itu semua ada di urutan sekian puluh sekian. Yang paling penting ya itu tadi kuantitas artikel dan keyword. Jadi para master SEO dan senior-senior yang kebetulan baca tulisan ngawur ini jangan protes ya, namanya juga tips ngawur.. hwehehe??!

13 komentar

  1. Oby Syam Says:
  2. mesti pegel dulu yah sob kalo mau dapet pagerank.....

    salam kenal
    dari blogger abnromal

     
  3. cepot Says:
  4. wah nice info.. salam kenal ya gan...

     
  5. Radhita Says:
  6. susah-susah gampang ya sob...

    Salam kenal yak... salam kenal juga buat yg diatas, oby mendadak ganteng :p

     
  7. ladewa Says:
  8. @Ketawa bersama : kalo oby sih mungkin gak masalah, soalnya banyak bahan banyolannya...
    @cepot : thanks sob, salam kenal juga
    @Radhita : weits.. yg punya rumah baru, ganteng pula heheee

     
  9. asaleksis Says:
  10. salam kenal semua

     
  11. Oby Syam Says:
  12. :P banyolan dari mana... =))
    ngakakk baca komentarnya pak ketua =))

    ada satu lagi sob tipsnya,,,
    main aja ke seo.woothy.com :D

     
  13. cinema Says:
  14. tahnk ya atas info'a, sangat bermanfaat..
    bagi yang ingin download filem terbaru, kunjungi filemdownload.blogspot.com
    gratisssss......

     
  15. Diva Says:
  16. ahahaha bagus mas, saya setuju di cara no 2, sebenernya itu curang, tapi klo mang mu ngotot naikin PR ya gt bisa jg..
    oya, comment gini n naro blog saya (alias nitip) bisa narik PR jg donk..
    maaf ya numpang :D

     
  17. Mantap Infonya Mas...thanks...

     
  18. ladewa Says:
  19. @Oby : yoi sob, segera berkunjung
    @Sukses : koneksiku lemot, download film bakalan sampe 1 hari 1 malam, heheee
    @Diva : TIps no. 2 ya? yg ilmiah apa yang ngawur nih? hehee... thanks ya
    @Slavara : Thanks juga, sering2 maen ya..

     
  20. Unknown Says:
  21. Nice Post gan..
    Kunjungi blog ane jg ya..
    http://puji-ale.blogspot.com/

     
  22. walau ngawur tapi TOP dech, thank :)

     
  23. Thanks yah infonya. Sangat membantu sy untuk lebih baik dalam mengolah blog. Jangan lupa kunjungi blog saya ya Mas, sapatau ada bahan koreksinya http://deasypasaribu.wordpress.com/. GB:)

     

Posting Komentar

Berikan komentar anda tentang artikel di atas, komentar yang tidak sopan/spam tidak akan dipublikasikan :

.

http://Link-exchange.comxa.com literatur islam, info software dan hardware, tips blogger, syiah sesat, sejarah islam nusantara Kostenlose Backlinks bei http://www.backlink-clever.de

Subscribe here